banner 728x90

Peringati Hari Bumi Sedunia 2022, DPD PKS Kab. Gorontalo dan GIA Foundation Bangun Kesadaran Merawat Danau Limboto

GORONTALO, BABEMOI – Memperingati Hari Bumi Sedunia, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Gorontalo berkolaborasi dengan GIA Foundation akan menggelar Diskusi dengan Tema “Merawat Bumi Dengan Menjaga dan Merawat Danau Limboto“.

Ketua Bidang Kepemudaan dan Olahraga DPD PKS Kab. Gorontalo Gustriman I. Aliwu mengatakan, diskusi ini bermaksud untuk menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif terkait dengan permasalahan lingkungan khususnya di Kab. Gorontalo.

“Dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak dalam rangka memberikan sumbangsih kepada Pemerintah Gorontalo khususnya Kabupaten Gorontalo terkait dengan aset keanekaragaman hayati Limboto,” ujar Gustriman kepada awak media di Gorontalo, Rabu (13/4/2022).

Gustriman mengingatkan, aksi nyata dalam menjaga dan merawat Danau Limboto sangatlah penting dilakukan, khususnya bagi para pemuda. Sebab Danau Limboto adalah danau terbesar yang ada di Provinsi Gorontalo yang terhubung ke dua wilayah administrasi yaitu 30 persen di Kota Gorontalo dan 70 persen di Kabupaten Gorontalo.

Danau ini juga terdapat sumber panas bumi (geothermal), terhubung dengan laut dan menjadi tempat singgah burung migran serta menjadi muara bagi 23 sungai yang mengalir di sekitarnya.

Menurut Gustriman, Danau Limboto adalah ikon bagi Gorontalo yang juga dikenal sebagai lumbung jagung nasional. Gorontalo yang terbentuk pada 22 Desember 2000 melalui Undang – Undang nomor 38 tahun 2000 itu juga mempunyai aset keanekaragaman hayati yang menarik untuk dieksplorasi.

“Salah satu aset terbaik Gorontalo adalah wisata alam Danau Limboto yang terletak di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo,” tandas Gustriman.

Oleh sebab itu, Gustriman meminta masyarakat khususnya para pemuda untuk memupuk dan menumbuhkan kecintaan pada alam, khususnya terhadap Danau Limboto.

Gustriman selaku Ketua Bidang Kepemudaan dan Olahraga DPD PKS Kabupaten Gorontalo pun mengajak kalangan pemuda dan semua pihak untuk ikut dalam diskusi “Merawat Bumi Dengan Menjaga dan Merawat Danau Limboto” yang Insya Allah akan dilaksanakan pada 30 April 2022, pukul 14.00 hingga 16:00 WIT.