banner 728x90

Roadshow Surabaya-Ngawi, UKM-IKM Nusantara Bantu UKM Bangkit Setelah Terdampak Pandemi

Ketua Umum UKM-IKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu saat bertemu pelaku UKM binaan di Ngawi, Jawa Timur

SURABAYA, BABEMOI – IKM UKM Nusantara menggelar roadshow di sejumlah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, pada 13-15 Februari 2022.

Roadshow IKM-UKM Nusantara di Jawa Timur dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKM-UKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu. Kegiatan Roadshow dilakukan secara maraton selama tiga hari.


Hari pertama Surabaya dan Ngawi, hari kedua adalah Tuban dan Malang, dan hari ketiga di Jember.

Ketua Umum UKM-IKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu saat bertemu pelaku UKM binaan di Surabaya

Hj. Chandra Manggih Rahayu yang memimpin langsung roadshow tersebut mengatakan, kegiatan ini dalam rangka membantu para pelaku UKM agar bangkit setelah terpukul oleh dampak pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir.

Chandra Manggih mengatakan, IKM-UKM Nusantara akan membantu pemasaran produk IKM binaan ke jaringan Supermarket, khususnya supermarket  yang sudah bekerjasama dengan UKM IKM Nusantara.

“Setidaknya sudah ada 5 titik Supermarket di Jabodetabek yang telah menjalin kerjasama dengan IKM UKM Nusantara, dan ada juga 150 titik untuk pasar export di Timur Tengah (Negara-negara Arab),” jelas Ibu Chandra Manggih.

Ketua Umum UKM-IKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu saat bertemu pelaku UKM binaan di Ngawi

Hj. Chandra Manggih yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum Perkumpulan Perusahaan Media Online  Indonesia (MOI), menjelaskan bahwa dalam Roadshow IKM-UKM Nusantara di Jawa Timur ini, dilakukan pemetaan atau Mapping potensi-potensi produk IKM UKM binaan.

“Semua potensi tersebut akan dibantu pasarkan oleh koperasi UKM IKM Nusantara ke jaringan pasar yang sudah terbentuk seperti di setiap Stasiun Kereta Api, karena UKM IKM Nusantara mendapatkan tempat untuk mendisplay dan menjual produk-produk binaan di setiap stasiun dengan sistem bagi hasil dengan KAI dan UKM IKM Nusantara,” jelas Chandra Manggih.

Pada kesempatan sama, Ketua Harian IKM-UKM Nusantara Bayu Sunu Adhie mengatakan, Roadshow Jatim ini bertujuan untuk melakukan mapping potensi produk-produk atau komoditas unggulan dari UKM dan IKM binaan UKM IKM Nusantra pada setiap kabupaten/kota di Jatim.

Ketua Umum UKM-IKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu saat bertemu pelaku UKM binaan di Surabaya

Pada hari pertama di Surabaya, IKM UKM Nusantara melakukannya kunjungan ke Pabrik Tepung Bumbu Jempoly, Surabaya, Jawa Timur.

Pabrik tersebut adalah salah satu IKM binaan UKM IKM Nusantara Wilayah Jatim di bawah kepemimpinan Bpk. Abdul Hakam yang mampu memproduksi tepung bumbu hingga 1 ton pet hari, dan hasil produksinya sudah menembus pasar nasional di luar Kota Surabaya.

Ketua Umum UKM-IKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu saat bertemu pelaku UKM binaan di Ngawi

Adapun pada kunjungan di Ngawi, Hj. Chandra Manggih dan tim dari pusat memberikan pemaparan sekaligus meninjau lokasi stand-stand yang menjajakan beberapa hasil olahan dari tangan terampil pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Ngawi.

Puluhan stand itu berjajar rapih di taman wisata pemandian kolam renang tawun di Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi.

Pada acara di Ngawi itu, hadir Ketua DPD IKM UKM Nusantara Kabupaten Ngawi H. Arianto Adi. Ia mengatakan bahwa sektor perekonomian kreatif masyarakat memang perlu digenjot dan harus difasilitasi baik kuantitas produk maupun kualitasnya.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif